🟢 Silabus Pelatihan Guru & Staf SDITÂ
No. | Judul Materi Pelatihan | Sub-Topik Pembahasan | Target Pemahaman |
---|---|---|---|
1 | Nilai & Spirit Pendidikan Islam | – Menjadi guru sebagai jalan dakwah – Balasan Allah bagi guru – Menjaga niat dan keikhlasan dalam mengajar |
Memahami peran guru sebagai jalan dakwah dan menjaga niat ikhlas dalam mengajar sebagai ibadah. |
2 | Psikologi & Pendidikan Anak dalam Islam | – Tahapan perkembangan anak – Fitrah anak dan pendidikan yang menghidupkan – Kecerdasan emosi dan karakter anak |
Mengetahui tahapan perkembangan dan fitrah anak serta menerapkannya dalam pembelajaran Islami. |
3 | Parenting & Sinergi Sekolah-Orangtua | – Dasar pola asuh Islami – Komunikasi bijak dengan orang tua – Peran guru sebagai orang tua kedua |
Membangun komunikasi dan kerja sama positif antara guru dan orang tua dalam mendidik anak bersama. |
4 | Strategi Pembelajaran Efektif & Aktif | – Active learning & PAKEM – PjBL dan P5 berbasis nilai Islam – Integrasi nilai islam dalam pembelajaran |
Menerapkan strategi pembelajaran aktif, kolaboratif, dan Islami. |
5 | Asesmen & Refleksi Pembelajaran | – Teknik asesmen formatif dan sumatif – Refleksi guru & pemanfaatan hasil penilaian – Penilaian berbasis karakter & adab |
Merancang asesmen yang mendidik dan merefleksikan pembelajaran untuk peningkatan berkelanjutan. |
6 | Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran | – Wordwall, Canva Edu, Google Forms – Membuat media pembelajaran edukatif dan menarik – Video & konten kreatif dalam pembelajaran |
Menggunakan teknologi sebagai alat bantu mengajar yang edukatif, menarik, dan Islami. |
7 | Etika & Profesionalisme Guru & Staf SDIT | – Adab guru dalam Islam – Etika komunikasi antarguru & dengan wali murid – Self-management & manajemen waktu |
Menunjukkan sikap profesional dan beradab di lingkungan kerja Islami. |
8 | Sinergi Tim Sekolah Islami | – Kolaborasi antar-guru & staf – Budaya kerja amanah dan melayani – Komunikasi lintas fungsi (guru-TU-CS) |
Berkolaborasi dengan seluruh elemen sekolah secara harmonis dan produktif. |
9 | Pengembangan Diri & Lifelong Learning | – Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) – Membuat portofolio & refleksi guru – Menulis karya tulis & inovasi pembelajaran |
Mengembangkan diri sebagai pendidik profesional dan pembelajar sepanjang hayat. |
10 | Pelayanan Prima untuk Staf & Non-Guru | – Adab & etika dalam pelayanan – Nilai spiritual dalam bekerja – Komunikasi santun & efektif |
Menerapkan prinsip adab dan spiritualitas dalam pelayanan kepada warga sekolah. |
11 | Taksonomi Bloom Revisi & Aplikasinya dalam Rencana Pembelajaran | – Domain kognitif, afektif, psikomotor – Menyusun tujuan pembelajaran terukur – Aplikasi dalam penyusunan soal dan aktivitas pembelajaran |
Menyusun tujuan dan aktivitas pembelajaran berbasis level berpikir siswa. |
12 | Perencanaan Pembelajaran Terpadu Islami | – Konsep pembelajaran tematik-integratif – Menentukan benang merah antarmapel – Menyusun modul ajar berbasis nilai Islam |
Merancang pembelajaran terpadu yang mengintegrasikan nilai Islam secara menyeluruh. |
13 | Pembelajaran Berdiferensiasi & Gaya Belajar Siswa | – Mengidentifikasi gaya belajar & minat siswa – Strategi diferensiasi proses & produk belajar – Pemetaan kebutuhan belajar |
Menerapkan pembelajaran adaptif untuk keberagaman kebutuhan siswa. |
14 | Manajemen Kelas Islami | – Disiplin positif dalam Islam – Membangun atmosfer kelas kondusif – Strategi menghadapi gangguan belajar |
Menciptakan kelas yang tertib, nyaman, dan berlandaskan nilai adab. |
15 | Microteaching & Peer Review | – Simulasi pembelajaran – Observasi dan refleksi antar guru – Penerimaan umpan balik dan peningkatan praktik mengajar |
Meningkatkan kemampuan mengajar melalui praktik dan evaluasi sesama guru. |
16 | Manajemen Emosi & Kesehatan Mental Guru | – Mengenal stres dan burnout – Teknik relaksasi & spiritual healing – Membangun ketahanan mental sebagai pendidik |
Mengelola emosi dan menjaga kesehatan mental dalam lingkungan kerja yang dinamis. |
17 | Supervisi Kolega & Coaching Antar Guru | – Prinsip coaching dalam pendidikan – Teknik observasi dan umpan balik – Peer coaching berbasis saling menguatkan |
Membangun budaya saling membina dan meningkatkan mutu mengajar melalui coaching. |
18 | Literasi & Numerasi dalam Pembelajaran Tematik | – Integrasi literasi & numerasi di semua mapel – Kegiatan kontekstual & aplikatif – Literasi Qur’ani dan adab membaca |
Meningkatkan kemampuan dasar siswa melalui pendekatan kontekstual dan bermakna. |
19 | Kepemimpinan Guru di Kelas & Sekolah | – Guru sebagai pemimpin pembelajaran – Keteladanan dan pengaruh moral – Kepemimpinan spiritual dan visioner |
Menjadi guru pemimpin yang memberi arah dan inspirasi dalam pembelajaran dan karakter siswa. |
20 | Dokumentasi & Pelaporan Kinerja Guru | – Penyusunan portofolio dan jurnal refleksi – Laporan kinerja berbasis bukti kegiatan (evidence-based) – Format evaluasi diri Islami & aplikatif |
Membuat pelaporan kinerja yang akurat, reflektif, dan bernilai pengembangan diri.
|
🟡 Tambahan Materi Pelatihan yang RelevanÂ
No. | Judul Materi Pelatihan | Sub-Topik Pembahasan | Target Pemahaman |
---|---|---|---|
21 | Manajemen Konflik & Komunikasi Asertif | – Sumber konflik di lingkungan sekolah – Teknik komunikasi asertif – Membangun budaya saling menghormati |
Mengelola konflik secara bijak dan membangun komunikasi sehat antar guru, staf, dan wali murid. |
22 | Inklusi & Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) | – Jenis-jenis kebutuhan khusus – Prinsip pendidikan inklusif – Peran guru dalam penerimaan dan layanan adaptif |
Memahami keberagaman siswa dan mampu mengakomodasi kebutuhan belajar siswa dengan kebutuhan khusus. |
23 | Keamanan & Keselamatan Sekolah (School Safety) | – Tanggap darurat & SOP evakuasi – Perlindungan anak di lingkungan sekolah – Peran guru dalam keamanan psikososial siswa |
Meningkatkan kesadaran guru/staf terhadap aspek keamanan dan keselamatan seluruh warga sekolah. |
24 | Pengelolaan Program Kesiswaan Islami | – Merancang kegiatan kesiswaan bernilai ibadah – Membangun organisasi siswa Islami – Pembinaan karakter melalui kegiatan siswa |
Membekali guru dan staf dalam membina siswa melalui kegiatan kesiswaan yang bernilai dan terarah. |
25 | Tata Kelola Administrasi Sekolah Islami | – Prinsip amanah dalam tata usaha – Digitalisasi administrasi sekolah – Etika dan adab pengelolaan data & dokumen |
Meningkatkan profesionalisme staf TU dalam tata kelola administrasi yang efisien dan berintegritas. |
🔵 Materi Pelatihan Khusus Waka Kurikulum SDIT
No. | Judul Materi Pelatihan | Sub-Topik Pembahasan | Target Pemahaman |
---|---|---|---|
W1 | Desain Kurikulum Terpadu Berbasis Nilai Islami | – Prinsip kurikulum integratif di SDIT – Mapping nilai-nilai Islam dalam setiap mata pelajaran – Kalender pendidikan berbasis ruhiyah |
Merancang kurikulum terpadu tematik yang selaras dengan nilai Islam dan kebutuhan sekolah. |
W2 | Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT | – Prinsip dasar Kurikulum Merdeka – Modul ajar & capaian pembelajaran (CP) – Strategi integrasi P5 dan nilai keislaman |
Memahami dan mengaplikasikan Kurikulum Merdeka yang terintegrasi dengan misi pendidikan Islam. |
W3 | Supervisi Akademik & Penguatan Praktik Mengajar | – Teknik observasi pembelajaran – Umpan balik membangun – Coaching dan mentoring guru |
Mampu melakukan supervisi berbasis coaching untuk peningkatan mutu pembelajaran guru. |
W4 | Manajemen Program Pengembangan Guru | – Menyusun program PKB guru (CPD) – Membangun budaya belajar kolektif (Kolegial) – Monitoring & evaluasi pelatihan |
Merancang dan melaksanakan program peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan. |
W5 | Pengelolaan Dokumen Kurikulum & Administrasi Akademik | – Penyusunan dokumen I, II, III – SOP perencanaan dan evaluasi pembelajaran – Dokumentasi penjaminan mutu akademik |
Mengelola dan mengevaluasi dokumen akademik sesuai standar mutu dan karakter SDIT. |
W6 | Analisis Hasil Belajar & Perencanaan Tindak Lanjut | – Analisis hasil asesmen & ujian – Identifikasi kendala belajar siswa – Intervensi akademik & program remedial berbasis data |
Menggunakan data hasil belajar sebagai dasar pengambilan keputusan peningkatan mutu pembelajaran. |
W7 | Integrasi Literasi, Numerasi, dan Profil Pelajar Pancasila Islami | – Integrasi literasi-numerasi dalam RPP – Pembiasaan literasi Qur’ani – Profil pelajar berkarakter Islami dalam keseharian sekolah |
Menyusun dan menerapkan program sekolah yang menguatkan karakter dan keterampilan dasar siswa. |
W8 | Evaluasi Kurikulum & Inovasi Pembelajaran | – Teknik evaluasi pelaksanaan kurikulum – Pelibatan guru dalam inovasi kurikulum – Best practice perbaikan berkelanjutan (CQI) |
Mengevaluasi kurikulum secara berkala dan mendorong inovasi yang relevan dan Islami. |
W9 | Kepemimpinan Akademik & Kolaboratif | – Peran strategis waka kurikulum – Membangun budaya akademik yang kuat – Kepemimpinan kolaboratif lintas unit sekolah |
Menjadi pemimpin akademik yang menginspirasi, membimbing, dan mampu menggerakkan tim secara harmonis. |
W10 | Penyusunan Laporan Kurikulum & Akuntabilitas Publik | – Format laporan akademik berkala – Penyusunan laporan untuk kepala sekolah, yayasan, dan wali murid – Transparansi akademik Islami |
Menyusun laporan kurikulum yang informatif, akuntabel, dan selaras dengan nilai-nilai Islam. |
🟢 Materi Pelatihan Khusus Waka Kesiswaan SDIT
No. | Judul Materi Pelatihan | Sub-Topik Pembahasan | Target Pemahaman |
---|---|---|---|
K1 | Konsep Kesiswaan Berbasis Karakter Islami | – Peran strategis kesiswaan di SDIT – Integrasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan siswa – Pembiasaan adab harian dan ruhiyah kolektif |
Memahami peran kesiswaan dalam membentuk karakter Islami yang hidup di lingkungan sekolah. |
K2 | Manajemen Kegiatan Siswa & Pembinaan Rohani | – Perencanaan program pembiasaan & rohani siswa – Kalender kegiatan keagamaan & sosial – Tata kelola kegiatan ekskul Islami |
Mampu menyusun program pembinaan siswa yang terstruktur, edukatif, dan selaras dengan nilai Islam. |
K3 | Bimbingan Konseling Islami & Tindakan Edukatif | – Pendekatan Islam dalam penanganan siswa bermasalah – Teknik konseling dasar bagi guru – Pemulihan adab dan karakter |
Menerapkan pendekatan edukatif dan spiritual dalam menangani masalah siswa tanpa hukuman yang destruktif. |
K4 | Pendidikan Disiplin & Penegakan Tata Tertib Islami | – Tata tertib berbasis nilai, bukan sekadar aturan – Kartu adab dan pelaporan terarah – Sistem penghargaan dan konsekuensi Islami |
Menyusun dan menjalankan sistem tata tertib yang membina karakter, bukan sekadar menghukum. |
K5 | Pelibatan Orang Tua dalam Pembinaan Siswa | – Kolaborasi dengan orang tua dalam kasus siswa – Forum komunikasi dan edukasi parenting – Dukungan rumah terhadap penguatan adab |
Membangun sinergi sekolah-rumah dalam membentuk karakter dan kebiasaan positif siswa. |
K6 | Penanganan Perundungan (Bullying) dan Keamanan Sosial | – Deteksi dan pencegahan bullying – Intervensi bijak & pemulihan korban – Budaya saling menjaga dan ta’awun |
Menangani masalah sosial siswa dengan preventif, solutif, dan sesuai syariat Islam. |
K7 | Kepemimpinan Siswa & Organisasi Islami (OSIS Junior) | – Konsep kepemimpinan Islami untuk anak – Pembinaan organisasi siswa – Latihan dasar kepemimpinan (LDK mini) |
Mendorong siswa untuk aktif, bertanggung jawab, dan siap menjadi pemimpin yang amanah sejak dini. |
K8 | Program Layanan Kesehatan, Gizi, dan Kebersihan Siswa | – Edukasi PHBS berbasis Islam – Sinergi dengan UKS dan posyandu sekolah – Kampanye kebersihan dan lingkungan Islami |
Mampu merancang kegiatan siswa yang mendidik secara jasmani, ruhani, dan lingkungan. |
K9 | Manajemen Emosi dan Sosial Siswa di Era Digital | – Tantangan digital & media sosial – Menumbuhkan kontrol diri, empati, dan akhlak online – Kegiatan penyeimbang digital dan ruhiyah |
Membina siswa agar cakap digital sekaligus terjaga akhlaknya di dunia nyata maupun maya. |
K10 | Pelaporan & Dokumentasi Kegiatan Kesiswaan | – Laporan kegiatan dan evaluasi berkala – Dokumentasi kegiatan berbasis narasi dan visual – Pelaporan akuntabel untuk orang tua & yayasan |
Menyusun laporan kesiswaan yang informatif, terstruktur, dan berdampak untuk perbaikan berkelanjutan. |
🟣 Materi Pelatihan Khusus Koordinator Pembelajaran Al-Qur’an SDIT
No. | Judul Materi Pelatihan | Sub-Topik Pembahasan | Target Pemahaman |
---|---|---|---|
Q1 | Penyusunan Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an | – Mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran Al-Qur’an – Menyusun silabus dan RPP berbasis Al-Qur’an – Tujuan pembelajaran Al-Qur’an yang komprehensif |
Mampu menyusun dan merancang kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka dan misi sekolah Islam. |
Q2 | Metode Pembelajaran Al-Qur’an yang Efektif | – Pendekatan berbasis kompetensi dalam pembelajaran Al-Qur’an – Metode talaqqi, murotal, dan tahfidz – Penerapan P5 (Project, Problem, Product, Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam pembelajaran Al-Qur’an |
Menguasai metode pembelajaran Al-Qur’an yang efektif dan kreatif, sesuai dengan tahap perkembangan siswa dan misi pendidikan Islam. |
Q3 | Penilaian & Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an | – Teknik asesmen berbasis Al-Qur’an: hafalan, pemahaman, aplikasi – Refleksi hasil belajar Al-Qur’an dalam keseharian siswa – Penggunaan portofolio dan jurnal refleksi untuk evaluasi siswa |
Mampu merancang dan melaksanakan asesmen yang relevan untuk pembelajaran Al-Qur’an dan menggali aspek spiritualitas dalam hasil belajar siswa. |
Q4 | Pembinaan Karakter Siswa Melalui Al-Qur’an | – Integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pengembangan karakter siswa – Pembiasaan akhlak Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari – Peran guru dalam menanamkan adab dan akhlak Qur’ani |
Mengembangkan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tapi juga membentuk karakter siswa sesuai nilai-nilai Al-Qur’an. |
Q5 | Teknik Menghafal Al-Qur’an yang Efektif | – Strategi dan tips menghafal yang menyenangkan dan efektif – Menggunakan teknologi untuk mendukung proses hafalan (misalnya aplikasi penghafal Qur’an) |
Meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan pendekatan yang kreatif, menyenangkan, dan mudah diterima siswa. |
Q6 | Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Al-Qur’an | – Alat bantu digital untuk pembelajaran Al-Qur’an: aplikasi, video, dan audio – Media pembelajaran interaktif berbasis Al-Qur’an – Platform belajar jarak jauh untuk mendukung pembelajaran |
Mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah dan memperkaya proses pembelajaran Al-Qur’an secara interaktif dan efektif. |
Q7 | Peningkatan Kualitas Pengajaran Tahfidz dan Murotal | – Teknik mengajar tahfidz yang menyenangkan dan efektif – Pengajaran tajwid dan murotal yang baik – Pembelajaran Al-Qur’an untuk berbagai tingkatan usia dan kemampuan |
Meningkatkan kualitas pengajaran tahfidz dan murotal dengan pendekatan yang berbasis pada prinsip-prinsip Al-Qur’an dan metodologi yang sesuai dengan usia dan kemampuan siswa. |
Q8 | Program Pembinaan Hafalan & Evaluasi Tahfidz | – Menyusun program tahfidz untuk berbagai tingkatan kelas – Evaluasi kemajuan hafalan siswa dan intervensi untuk siswa yang kesulitan – Memotivasi siswa untuk tetap semangat dalam tahfidz |
Mampu merancang dan melaksanakan program tahfidz yang efektif serta evaluasi yang memadai untuk memastikan siswa mencapai target hafalan. |
Q9 | Pengembangan Kompetensi Guru Pembelajaran Al-Qur’an | – Pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru Al-Qur’an – Membangun komunitas guru pengajar Al-Qur’an yang produktif – Menyusun program pembinaan guru dalam aspek pedagogik dan spiritual |
Meningkatkan kapasitas profesional guru pembelajaran Al-Qur’an dalam aspek pedagogik dan spiritual agar dapat mengajar dengan lebih efektif. |
Q10 | Kolaborasi Antar Koordinator Kurikulum & Kesiswaan | – Kolaborasi dengan waka kurikulum untuk mengintegrasikan nilai Qur’ani dalam semua mata pelajaran – Sinergi antara koordinator kesiswaan dan koordinator pembelajaran Al-Qur’an dalam mendukung pembinaan karakter siswa |
Membangun kerja sama yang solid antara berbagai pihak di sekolah untuk mendukung keberhasilan pembelajaran dan pembinaan karakter siswa. |
Semoga diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. aamiin