🟢 Silabus Pelatihan Guru & Staf SDIT 

No. Judul Materi Pelatihan Sub-Topik Pembahasan Target Pemahaman
1 Nilai & Spirit Pendidikan Islam – Menjadi guru sebagai jalan dakwah
– Balasan Allah bagi guru
– Menjaga niat dan keikhlasan dalam mengajar
Memahami peran guru sebagai jalan dakwah dan menjaga niat ikhlas dalam mengajar sebagai ibadah.
2 Psikologi & Pendidikan Anak dalam Islam – Tahapan perkembangan anak
– Fitrah anak dan pendidikan yang menghidupkan
– Kecerdasan emosi dan karakter anak
Mengetahui tahapan perkembangan dan fitrah anak serta menerapkannya dalam pembelajaran Islami.
3 Parenting & Sinergi Sekolah-Orangtua – Dasar pola asuh Islami
– Komunikasi bijak dengan orang tua
– Peran guru sebagai orang tua kedua
Membangun komunikasi dan kerja sama positif antara guru dan orang tua dalam mendidik anak bersama.
4 Strategi Pembelajaran Efektif & Aktif – Active learning & PAKEM
– PjBL dan P5 berbasis nilai Islam
– Integrasi nilai islam dalam pembelajaran
Menerapkan strategi pembelajaran aktif, kolaboratif, dan Islami.
5 Asesmen & Refleksi Pembelajaran – Teknik asesmen formatif dan sumatif
– Refleksi guru & pemanfaatan hasil penilaian
– Penilaian berbasis karakter & adab
Merancang asesmen yang mendidik dan merefleksikan pembelajaran untuk peningkatan berkelanjutan.
6 Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran – Wordwall, Canva Edu, Google Forms
– Membuat media pembelajaran edukatif dan menarik
– Video & konten kreatif dalam pembelajaran
Menggunakan teknologi sebagai alat bantu mengajar yang edukatif, menarik, dan Islami.
7 Etika & Profesionalisme Guru & Staf SDIT – Adab guru dalam Islam
– Etika komunikasi antarguru & dengan wali murid
– Self-management & manajemen waktu
Menunjukkan sikap profesional dan beradab di lingkungan kerja Islami.
8 Sinergi Tim Sekolah Islami – Kolaborasi antar-guru & staf
– Budaya kerja amanah dan melayani
– Komunikasi lintas fungsi (guru-TU-CS)
Berkolaborasi dengan seluruh elemen sekolah secara harmonis dan produktif.
9 Pengembangan Diri & Lifelong Learning – Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM)
– Membuat portofolio & refleksi guru
– Menulis karya tulis & inovasi pembelajaran
Mengembangkan diri sebagai pendidik profesional dan pembelajar sepanjang hayat.
10 Pelayanan Prima untuk Staf & Non-Guru – Adab & etika dalam pelayanan
– Nilai spiritual dalam bekerja
– Komunikasi santun & efektif
Menerapkan prinsip adab dan spiritualitas dalam pelayanan kepada warga sekolah.
11 Taksonomi Bloom Revisi & Aplikasinya dalam Rencana Pembelajaran – Domain kognitif, afektif, psikomotor
– Menyusun tujuan pembelajaran terukur
– Aplikasi dalam penyusunan soal dan aktivitas pembelajaran
Menyusun tujuan dan aktivitas pembelajaran berbasis level berpikir siswa.
12 Perencanaan Pembelajaran Terpadu Islami – Konsep pembelajaran tematik-integratif
– Menentukan benang merah antarmapel
– Menyusun modul ajar berbasis nilai Islam
Merancang pembelajaran terpadu yang mengintegrasikan nilai Islam secara menyeluruh.
13 Pembelajaran Berdiferensiasi & Gaya Belajar Siswa – Mengidentifikasi gaya belajar & minat siswa
– Strategi diferensiasi proses & produk belajar
– Pemetaan kebutuhan belajar
Menerapkan pembelajaran adaptif untuk keberagaman kebutuhan siswa.
14 Manajemen Kelas Islami – Disiplin positif dalam Islam
– Membangun atmosfer kelas kondusif
– Strategi menghadapi gangguan belajar
Menciptakan kelas yang tertib, nyaman, dan berlandaskan nilai adab.
15 Microteaching & Peer Review – Simulasi pembelajaran
– Observasi dan refleksi antar guru
– Penerimaan umpan balik dan peningkatan praktik mengajar
Meningkatkan kemampuan mengajar melalui praktik dan evaluasi sesama guru.
16 Manajemen Emosi & Kesehatan Mental Guru – Mengenal stres dan burnout
– Teknik relaksasi & spiritual healing
– Membangun ketahanan mental sebagai pendidik
Mengelola emosi dan menjaga kesehatan mental dalam lingkungan kerja yang dinamis.
17 Supervisi Kolega & Coaching Antar Guru – Prinsip coaching dalam pendidikan
– Teknik observasi dan umpan balik
– Peer coaching berbasis saling menguatkan
Membangun budaya saling membina dan meningkatkan mutu mengajar melalui coaching.
18 Literasi & Numerasi dalam Pembelajaran Tematik – Integrasi literasi & numerasi di semua mapel
– Kegiatan kontekstual & aplikatif
– Literasi Qur’ani dan adab membaca
Meningkatkan kemampuan dasar siswa melalui pendekatan kontekstual dan bermakna.
19 Kepemimpinan Guru di Kelas & Sekolah – Guru sebagai pemimpin pembelajaran
– Keteladanan dan pengaruh moral
– Kepemimpinan spiritual dan visioner
Menjadi guru pemimpin yang memberi arah dan inspirasi dalam pembelajaran dan karakter siswa.
20 Dokumentasi & Pelaporan Kinerja Guru – Penyusunan portofolio dan jurnal refleksi
– Laporan kinerja berbasis bukti kegiatan (evidence-based)
– Format evaluasi diri Islami & aplikatif
Membuat pelaporan kinerja yang akurat, reflektif, dan bernilai pengembangan diri.

 

🟡 Tambahan Materi Pelatihan yang Relevan 

No. Judul Materi Pelatihan Sub-Topik Pembahasan Target Pemahaman
21 Manajemen Konflik & Komunikasi Asertif – Sumber konflik di lingkungan sekolah
– Teknik komunikasi asertif
– Membangun budaya saling menghormati
Mengelola konflik secara bijak dan membangun komunikasi sehat antar guru, staf, dan wali murid.
22 Inklusi & Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) – Jenis-jenis kebutuhan khusus
– Prinsip pendidikan inklusif
– Peran guru dalam penerimaan dan layanan adaptif
Memahami keberagaman siswa dan mampu mengakomodasi kebutuhan belajar siswa dengan kebutuhan khusus.
23 Keamanan & Keselamatan Sekolah (School Safety) – Tanggap darurat & SOP evakuasi
– Perlindungan anak di lingkungan sekolah
– Peran guru dalam keamanan psikososial siswa
Meningkatkan kesadaran guru/staf terhadap aspek keamanan dan keselamatan seluruh warga sekolah.
24 Pengelolaan Program Kesiswaan Islami – Merancang kegiatan kesiswaan bernilai ibadah
– Membangun organisasi siswa Islami
– Pembinaan karakter melalui kegiatan siswa
Membekali guru dan staf dalam membina siswa melalui kegiatan kesiswaan yang bernilai dan terarah.
25 Tata Kelola Administrasi Sekolah Islami – Prinsip amanah dalam tata usaha
– Digitalisasi administrasi sekolah
– Etika dan adab pengelolaan data & dokumen
Meningkatkan profesionalisme staf TU dalam tata kelola administrasi yang efisien dan berintegritas.

🔵 Materi Pelatihan Khusus Waka Kurikulum SDIT

No. Judul Materi Pelatihan Sub-Topik Pembahasan Target Pemahaman
W1 Desain Kurikulum Terpadu Berbasis Nilai Islami – Prinsip kurikulum integratif di SDIT
– Mapping nilai-nilai Islam dalam setiap mata pelajaran
– Kalender pendidikan berbasis ruhiyah
Merancang kurikulum terpadu tematik yang selaras dengan nilai Islam dan kebutuhan sekolah.
W2 Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT – Prinsip dasar Kurikulum Merdeka
– Modul ajar & capaian pembelajaran (CP)
– Strategi integrasi P5 dan nilai keislaman
Memahami dan mengaplikasikan Kurikulum Merdeka yang terintegrasi dengan misi pendidikan Islam.
W3 Supervisi Akademik & Penguatan Praktik Mengajar – Teknik observasi pembelajaran
– Umpan balik membangun
– Coaching dan mentoring guru
Mampu melakukan supervisi berbasis coaching untuk peningkatan mutu pembelajaran guru.
W4 Manajemen Program Pengembangan Guru – Menyusun program PKB guru (CPD)
– Membangun budaya belajar kolektif (Kolegial)
– Monitoring & evaluasi pelatihan
Merancang dan melaksanakan program peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan.
W5 Pengelolaan Dokumen Kurikulum & Administrasi Akademik – Penyusunan dokumen I, II, III
– SOP perencanaan dan evaluasi pembelajaran
– Dokumentasi penjaminan mutu akademik
Mengelola dan mengevaluasi dokumen akademik sesuai standar mutu dan karakter SDIT.
W6 Analisis Hasil Belajar & Perencanaan Tindak Lanjut – Analisis hasil asesmen & ujian
– Identifikasi kendala belajar siswa
– Intervensi akademik & program remedial berbasis data
Menggunakan data hasil belajar sebagai dasar pengambilan keputusan peningkatan mutu pembelajaran.
W7 Integrasi Literasi, Numerasi, dan Profil Pelajar Pancasila Islami – Integrasi literasi-numerasi dalam RPP
– Pembiasaan literasi Qur’ani
– Profil pelajar berkarakter Islami dalam keseharian sekolah
Menyusun dan menerapkan program sekolah yang menguatkan karakter dan keterampilan dasar siswa.
W8 Evaluasi Kurikulum & Inovasi Pembelajaran – Teknik evaluasi pelaksanaan kurikulum
– Pelibatan guru dalam inovasi kurikulum
– Best practice perbaikan berkelanjutan (CQI)
Mengevaluasi kurikulum secara berkala dan mendorong inovasi yang relevan dan Islami.
W9 Kepemimpinan Akademik & Kolaboratif – Peran strategis waka kurikulum
– Membangun budaya akademik yang kuat
– Kepemimpinan kolaboratif lintas unit sekolah
Menjadi pemimpin akademik yang menginspirasi, membimbing, dan mampu menggerakkan tim secara harmonis.
W10 Penyusunan Laporan Kurikulum & Akuntabilitas Publik – Format laporan akademik berkala
– Penyusunan laporan untuk kepala sekolah, yayasan, dan wali murid
– Transparansi akademik Islami
Menyusun laporan kurikulum yang informatif, akuntabel, dan selaras dengan nilai-nilai Islam.

🟢 Materi Pelatihan Khusus Waka Kesiswaan SDIT

No. Judul Materi Pelatihan Sub-Topik Pembahasan Target Pemahaman
K1 Konsep Kesiswaan Berbasis Karakter Islami – Peran strategis kesiswaan di SDIT
– Integrasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan siswa
– Pembiasaan adab harian dan ruhiyah kolektif
Memahami peran kesiswaan dalam membentuk karakter Islami yang hidup di lingkungan sekolah.
K2 Manajemen Kegiatan Siswa & Pembinaan Rohani – Perencanaan program pembiasaan & rohani siswa
– Kalender kegiatan keagamaan & sosial
– Tata kelola kegiatan ekskul Islami
Mampu menyusun program pembinaan siswa yang terstruktur, edukatif, dan selaras dengan nilai Islam.
K3 Bimbingan Konseling Islami & Tindakan Edukatif – Pendekatan Islam dalam penanganan siswa bermasalah
– Teknik konseling dasar bagi guru
– Pemulihan adab dan karakter
Menerapkan pendekatan edukatif dan spiritual dalam menangani masalah siswa tanpa hukuman yang destruktif.
K4 Pendidikan Disiplin & Penegakan Tata Tertib Islami – Tata tertib berbasis nilai, bukan sekadar aturan
– Kartu adab dan pelaporan terarah
– Sistem penghargaan dan konsekuensi Islami
Menyusun dan menjalankan sistem tata tertib yang membina karakter, bukan sekadar menghukum.
K5 Pelibatan Orang Tua dalam Pembinaan Siswa – Kolaborasi dengan orang tua dalam kasus siswa
– Forum komunikasi dan edukasi parenting
– Dukungan rumah terhadap penguatan adab
Membangun sinergi sekolah-rumah dalam membentuk karakter dan kebiasaan positif siswa.
K6 Penanganan Perundungan (Bullying) dan Keamanan Sosial – Deteksi dan pencegahan bullying
– Intervensi bijak & pemulihan korban
– Budaya saling menjaga dan ta’awun
Menangani masalah sosial siswa dengan preventif, solutif, dan sesuai syariat Islam.
K7 Kepemimpinan Siswa & Organisasi Islami (OSIS Junior) – Konsep kepemimpinan Islami untuk anak
– Pembinaan organisasi siswa
– Latihan dasar kepemimpinan (LDK mini)
Mendorong siswa untuk aktif, bertanggung jawab, dan siap menjadi pemimpin yang amanah sejak dini.
K8 Program Layanan Kesehatan, Gizi, dan Kebersihan Siswa – Edukasi PHBS berbasis Islam
– Sinergi dengan UKS dan posyandu sekolah
– Kampanye kebersihan dan lingkungan Islami
Mampu merancang kegiatan siswa yang mendidik secara jasmani, ruhani, dan lingkungan.
K9 Manajemen Emosi dan Sosial Siswa di Era Digital – Tantangan digital & media sosial
– Menumbuhkan kontrol diri, empati, dan akhlak online
– Kegiatan penyeimbang digital dan ruhiyah
Membina siswa agar cakap digital sekaligus terjaga akhlaknya di dunia nyata maupun maya.
K10 Pelaporan & Dokumentasi Kegiatan Kesiswaan – Laporan kegiatan dan evaluasi berkala
– Dokumentasi kegiatan berbasis narasi dan visual
– Pelaporan akuntabel untuk orang tua & yayasan
Menyusun laporan kesiswaan yang informatif, terstruktur, dan berdampak untuk perbaikan berkelanjutan.

🟣 Materi Pelatihan Khusus Koordinator Pembelajaran Al-Qur’an SDIT

No. Judul Materi Pelatihan Sub-Topik Pembahasan Target Pemahaman
Q1 Penyusunan Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an – Mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran Al-Qur’an
– Menyusun silabus dan RPP berbasis Al-Qur’an
– Tujuan pembelajaran Al-Qur’an yang komprehensif
Mampu menyusun dan merancang kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka dan misi sekolah Islam.
Q2 Metode Pembelajaran Al-Qur’an yang Efektif – Pendekatan berbasis kompetensi dalam pembelajaran Al-Qur’an
– Metode talaqqi, murotal, dan tahfidz
– Penerapan P5 (Project, Problem, Product, Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam pembelajaran Al-Qur’an
Menguasai metode pembelajaran Al-Qur’an yang efektif dan kreatif, sesuai dengan tahap perkembangan siswa dan misi pendidikan Islam.
Q3 Penilaian & Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an – Teknik asesmen berbasis Al-Qur’an: hafalan, pemahaman, aplikasi
– Refleksi hasil belajar Al-Qur’an dalam keseharian siswa
– Penggunaan portofolio dan jurnal refleksi untuk evaluasi siswa
Mampu merancang dan melaksanakan asesmen yang relevan untuk pembelajaran Al-Qur’an dan menggali aspek spiritualitas dalam hasil belajar siswa.
Q4 Pembinaan Karakter Siswa Melalui Al-Qur’an – Integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pengembangan karakter siswa
– Pembiasaan akhlak Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
– Peran guru dalam menanamkan adab dan akhlak Qur’ani
Mengembangkan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tapi juga membentuk karakter siswa sesuai nilai-nilai Al-Qur’an.
Q5 Teknik Menghafal Al-Qur’an yang Efektif – Strategi dan tips menghafal yang menyenangkan dan efektif
– Menggunakan teknologi untuk mendukung proses hafalan (misalnya aplikasi penghafal Qur’an)
Meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan pendekatan yang kreatif, menyenangkan, dan mudah diterima siswa.
Q6 Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Al-Qur’an – Alat bantu digital untuk pembelajaran Al-Qur’an: aplikasi, video, dan audio
– Media pembelajaran interaktif berbasis Al-Qur’an
– Platform belajar jarak jauh untuk mendukung pembelajaran
Mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah dan memperkaya proses pembelajaran Al-Qur’an secara interaktif dan efektif.
Q7 Peningkatan Kualitas Pengajaran Tahfidz dan Murotal – Teknik mengajar tahfidz yang menyenangkan dan efektif
– Pengajaran tajwid dan murotal yang baik
– Pembelajaran Al-Qur’an untuk berbagai tingkatan usia dan kemampuan
Meningkatkan kualitas pengajaran tahfidz dan murotal dengan pendekatan yang berbasis pada prinsip-prinsip Al-Qur’an dan metodologi yang sesuai dengan usia dan kemampuan siswa.
Q8 Program Pembinaan Hafalan & Evaluasi Tahfidz – Menyusun program tahfidz untuk berbagai tingkatan kelas
– Evaluasi kemajuan hafalan siswa dan intervensi untuk siswa yang kesulitan
– Memotivasi siswa untuk tetap semangat dalam tahfidz
Mampu merancang dan melaksanakan program tahfidz yang efektif serta evaluasi yang memadai untuk memastikan siswa mencapai target hafalan.
Q9 Pengembangan Kompetensi Guru Pembelajaran Al-Qur’an – Pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru Al-Qur’an
– Membangun komunitas guru pengajar Al-Qur’an yang produktif
– Menyusun program pembinaan guru dalam aspek pedagogik dan spiritual
Meningkatkan kapasitas profesional guru pembelajaran Al-Qur’an dalam aspek pedagogik dan spiritual agar dapat mengajar dengan lebih efektif.
Q10 Kolaborasi Antar Koordinator Kurikulum & Kesiswaan – Kolaborasi dengan waka kurikulum untuk mengintegrasikan nilai Qur’ani dalam semua mata pelajaran
– Sinergi antara koordinator kesiswaan dan koordinator pembelajaran Al-Qur’an dalam mendukung pembinaan karakter siswa
Membangun kerja sama yang solid antara berbagai pihak di sekolah untuk mendukung keberhasilan pembelajaran dan pembinaan karakter siswa.

Semoga diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. aamiin