KPI Kepala Sekolah
NO | PROGRAM | KEY PERPFORMANCE INDIKATOR (KPI)
|
1 | Mewujudkan proses pembelajaran yang efektif | a. Menciptakan situasi kelas yang kondusif
b. Menumbuhkan siswa (sikap) aktif, kreatif, kritis, dan memahami materi ajar c. Menumbuhkan rasa percaya diri dan saling menghargai sesama d. Memotivasi kemampuan siswa untuk menggunakan media pembelajaran e. Siswa memiliki sumber belajar
|
2 | Menerapkan system evaluasi yang efektif dan melakukan perbaikan secara berkelanjutan
|
a. Adanya jadwal evaluasi terprogram
b. Alat evaluasi yang standard c. Analisa hasil evaluasi/belajar d. Pelaksanaan program perbaikan, pengayaan, dan penghargaan yang berkelanjutan. e. Penerapan tutor sebaya/Team Teaching f. Penulisan kisi-kisi, soal yang profesional
|
3 | Melakukan refleksi diri ke arah pembentukan karakter kepemimpinan sekolah yang kuat
|
a. Dapat memberi keteladanan
b. Komitmen terhadap tugas c. Kebersamaan/kekompakan dalam melaksanakan tugas d. Implementasi Imtaq/amaliah
|
4 | Melaksanakan pengembangan staf yang kompeten dan berdedikasi tinggi
|
a. Pemberian penghargaan dan sanksi yang tepat
b. Pemberian tugas yang adil dan merata sesuai dengan kemampuan c. Memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas
|
5 | Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib (Safe and Orderly)
|
a. Memantapkan tata tertib yang tegas dan konsekuen
b. Kerjasama yang baik antara sekolah, masyarakat sekitar dan aparat keamanan c. Menjadikan sekolah yang bebas dari rokok dan Narkoba d. Menciptakan rasa kekeluargaan yang tinggi di antara warga sekolah (5 S = Salam, Sapa, Sopan, Senyum, Silaturahim) e. Menciptakan nuansa sekolah yang aman, tenteram dan damai
|
6 | Menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah
|
a. Memberikan reward kepada guru, siswa yang berprestasi
b. Memberdayakan MGMP tingkat sekolah dan luar sekolah c. Mewajibkan warga sekolah untuk memberdayakan perpustakaan/sumber belajar lainnya d. Peningkatan kualitas kehidupan beragama e. Memiliki target mutu yang tinggi dan slogan /motto f. Menanamkan rasa memiliki pada warga sekolah
|
7 | Menumbuhkan harapan prestasi tinggi
|
a. Mengadakan lomba cepat dalam kegiatan class meeting
b. Membuat jadwal rutin Olah Raga prestasi c. Mendorong siswa untuk mengikuti perlombaan-perlombaan d. Memiliki komitmen dan motivasi yang kuat e. Guru harus memiliki komitmen dan harapan tinggi terhadap siswa f. Semua harus memiliki motivasi tinggi untuk berprestasi
|
8 | Menumbuhkan kemauan untuk berubah
|
a. Mengikutsertakan guru untuk menambah wawasan
b. Pemberian motivasi kerja yang tepat c. Memberikan kesempatan untuk pengembangan/ peningkatan jenjang karir d. Melakukan pembinaan
|
9 | Melaksanakan Keterbukaan/Transparan Managemen Sekolah
|
a. Membuat Program kerja, yang melibatkan semua warga sekolah
b. Sosialisasi Program kerja c. Melaksanakan Program d. Mengadakan Pembinaan secara kontinue e. Membuat Laporan hasil pelaksanaan secara periodik f. Mengadakan rapat Evaluasi secara periodik
|
10 | Menetapkan secara jelas mewujudkan Visi dan Misi
|
a. Memberdayakan seluruh komponen sekolah dalam menyusun Visi sekolah
b. Melibatkan semua komponen sekolah dalam menjabarkan Visi ke dalam indikator yang jelas c. Menyusun Misi Realistis yang terdiri dari jangka pendek, menengah dan Panjang untuk mencapai Visi, dengan melibatkan semua komponen sekolah
|
11 | Melaksanakan Melaksanakan pengelolaan tenaga kependidikan secara efektif
|
a. Memberdayakan disiplin guru dan karyawan
b. Membudayakan pelayanan prima c. Meningkatkan profesionalisme guru dan karyawan melalui pelatihan-pelatihan atau lainnya d. Meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan e. menciptakan iklim kerja yang kondusif dan kompetitif yang sehat dengan memberikan penghargaan dan sanksi
|
12 | Melaksanakan pengelolaan sumber belajar secara efektif
|
a. Menginfentarisir semua sumber-sumber belajar, di dalam dan di luar sekolah
b. Menentukan sumber belajar yang efektif sesuai dengan kebutuhan sekolah c. Pengadaan sumber-sumber belajar sesuai kemampuan d. Sosialisasi pemanfaatan semua sumber belajar e. Merencanakan pemanfaatan sumber belajar
|
13 | Menumbuhkan sikap responsif dan antisipatif terhadap kebutuhan
|
g. Senantiasa mengikuti perkembangan IPTEK dalam PBM (Sarana dan Metode)
h. Membiasakan warga sekolah berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris (Bahasa Asing) i. Membudayakan sikap selalu ingin maju j. Memperluas kerja sama dengan pihak luar dalam rangka otonomi sekolah k. Mengadopsi masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu di segala bidang
|
14 | Melaksanakan pengelolaan kegiatan kesiswaan / Ekstrakurikuler secara efektif
|
a. Menginfentarisir sarana prasarana ekstrakurikuler
b. Menginfentarisir minat dan bakat siswa c. Mencari peluang kerjasama dengan pihak lain d. Mencari peluang pengadaan dana dari donatur e. Menentukan jenis-jenis ekstrakurikuler
|
15 | Mengembangkan kepemimpinan instruksional
|
a. Mendorong murid untuk bekerja keras mencapai standar prestasi nasional.
b. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program instruksional untuk memastikan bahwa kurikulum dan pembelajaran efektif telah diterapkan, didukung dengan penggunaan strategi penilaian secara tepat. c. Mengajak semua pihak terkait di sekolah melaksanakan pengambilan keputusan yang didasarkan kepada visi, misi, dan prioritas program. d. Memantapkan dan mempertahankan harapan berprestasi yang tinggi kepada murid secara rutin dengan melakukan best practices dalam kepemimpinan, pembelajaran, dan perbaikan instruksional. e. Bekerjasama dengan para guru dan staf dalam mengidentifikasi sumber-sumber dan materi sesuai dengan kemampuan anggaran. f. Bekerjasama dengan guru dan staf dalam memperbaiki dan menetapkan kalender akademik.
|
KPI Guru-guru
NO |
KOMPONEN |
KEY PERPFORMANCE INDIKATOR (KPI)
|
1 | Keteraturan Suasana Kelas | · Kehadiran Guru
· Manajemen Kelas
· Keterlibatan Siswa
· Kualitas Interaksi
· Penggunaan Waktu
· Kesiapan Mengajar
· Pengawasan Kelas
· Pengelolaan Emosi
· Penggunaan Teknologi
· Fasilitas dan Kebersihan Kelas
|
2 | Ekspektasi pada Peserta Didik | · Penyampaian Ekspektasi yang Jelas
· Konsistensi dalam Penerapan Ekspektasi
· Motivasi dan Dukungan
· Feedback yang Konstruktif
· Peningkatan Diri dan Pengembangan Siswa
· Penyampaian Harapan yang Tinggi
· Pengakuan dan Penghargaan
· Kolaborasi dengan Orang Tua
· Pembelajaran yang Diferensiasi
· Pemantauan dan Evaluasi Berkelanjutan
|
3 | Penerapan Disiplin Positif | · Penetapan Aturan yang Jelas dan Adil
· Konsistensi dalam Penerapan Aturan
· Pendekatan Proaktif
· Komunikasi yang Efektif
· Pemberian Konsekuensi yang Tepat
· Pujian dan Penghargaan
· Pendekatan Restoratif
· Pengembangan Keterampilan Sosial dan Emosional
· Modeling Perilaku Positif
· Pendekatan Individual
· Kolaborasi dengan Orang Tua dan Rekan Kerja
· Pemantauan dan Refleksi
|
4 | Aktivitas Interaktif |
|
5 | Umpan Balik Konstruktif | · Ketepatan Waktu dalam Memberikan Umpan Balik
· Kejelasan dan Spesifik
· Fokus pada Perilaku dan Hasil, Bukan Individu
· Keseimbangan Antara Kritik dan Pujian
· Menyediakan Solusi dan Saran untuk Perbaikan
· Menggunakan Bahasa yang Mendukung dan Empati
· Mengajak Siswa untuk Refleksi Diri
· Memberikan Umpan Balik secara Individu dan Privat
· Menggunakan Data dan Bukti
· Konsistensi dalam Memberikan Umpan Balik
· Melibatkan Siswa dalam Proses Umpan Balik
· Memantau Perkembangan Siswa
|
6 | Instruksi yang Adaptif | · Penilaian Awal Siswa
· Perencanaan yang Diferensiasi
· Fleksibilitas dalam Metode Pengajaran
· Penggunaan Teknologi dan Alat Bantu Pembelajaran
· Pemantauan dan Penilaian Berkelanjutan
· Responsif terhadap Kebutuhan Siswa
· Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar
· Kolaborasi dengan Orang Tua dan Rekan Kerja
· Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif
· Mengelola Kelas secara Dinamis
· Memberikan Pilihan kepada Siswa
· Pelatihan dan Pengembangan Profesional Berkelanjutan
|
7 | Perhatian dan Kepedulian | · Kehadiran dan Ketersediaan
· Hubungan Siswa-Guru yang Positif
· Kemampuan Mendengarkan
· Menyediakan Dukungan Emosional
· Responsif terhadap Kebutuhan Siswa
· Mengakui dan Mempromosikan Keanekaragaman
· Keterlibatan Orang Tua
· Mengamati dan Mengenali Perkembangan Individual
· Kesediaan untuk Membantu dan Mendorong
· Pengelolaan Konflik dengan Bijaksana
· Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Emosional
· Menghargai dan Menghormati Privasi Siswa
|
8 | Instruksi Pembelajaran | · Klaritas Tujuan Pembelajaran
· Pengorganisasian Materi
· Keterkaitan dengan Kehidupan Nyata
· Stimulasi Kognitif
· Penggunaan Berbagai Metode Pengajaran
· Penggunaan Teknologi Pembelajaran
· Kemampuan Pemecahan Masalah
· Pengukuran Pemahaman Siswa
· Respon terhadap Kebutuhan Siswa
· Refleksi dan Evaluasi
· Keterlibatan Siswa
· Pengembangan Keterampilan Hidup
|