Laporan Kegiatan Pembelajaran Praktik: Mengidentifikasi Bagian-Bagian Mata dan Telinga

Laporan Kegiatan Pembelajaran Praktik: Mengidentifikasi Bagian-Bagian Mata dan Telinga

Kelas: 5A
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Sekolah: SDIT Nuur Alaa Nuur
Hari/Tanggal: Senin, 28 Agustus 2024
Waktu: 08.00 – 09.30 WIB
Tempat: Ruang Kelas 5A

1. Latar Belakang
Pembelajaran mengenai organ tubuh manusia sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Mata dan telinga adalah dua organ indera yang krusial. Melalui kegiatan praktik ini, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi bagian-bagian dari mata dan telinga, serta memahami fungsi masing-masing bagian tersebut.

2. Tujuan Kegiatan
Mengenal dan mengidentifikasi bagian-bagian utama mata dan telinga.
Memahami fungsi dari masing-masing bagian.
Meningkatkan keterampilan siswa dalam mengamati dan menganalisis objek biologis.
Mendorong siswa untuk bertanya dan berdiskusi terkait materi yang dipelajari.

3. Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas 5A dengan menggunakan alat peraga berupa model 3D mata dan telinga, serta beberapa poster yang menampilkan gambar detail dari organ-organ tersebut.

Langkah-langkah Kegiatan:

Pembukaan:

Guru membuka kegiatan dengan menjelaskan pentingnya memahami organ indera.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang mata dan telinga, dilengkapi dengan gambar yang ditampilkan di papan tulis.

Kegiatan Inti:

Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil berjumlah 3-4 peserta didik.
Peserta didik menghafal bagian-bagian mata dan Telinga di dalam buku teks.
Peserta didik bersama dengan kelompoknya berdiskusi mengerjakan Tugas melengkapi Bagian-bagian Mata dan Telinga dengan durasi 20 menit.

Diskusi:

Setiap kelompok diminta mempresentasikan hasil pengamatannya.
Guru mengoreksi dan memberikan penjelasan tambahan jika diperlukan.
Sesi tanya jawab untuk memperdalam pemahaman siswa.

Penutup:

Guru menyimpulkan kegiatan dengan menekankan pentingnya menjaga kesehatan mata dan telinga.

4. Hasil Kegiatan

Sebagian besar siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian utama dari mata dan telinga dengan baik.
Siswa mampu menjelaskan fungsi-fungsi dasar dari bagian-bagian tersebut.
Terjadi interaksi aktif antara siswa dan guru selama kegiatan berlangsung, menunjukkan minat yang tinggi terhadap materi yang diajarkan.

5. Kesimpulan

Kegiatan praktik mengidentifikasi bagian-bagian mata dan telinga ini berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan. Siswa kelas 5A menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengenali organ tubuh manusia serta memahami fungsinya. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk menjaga kesehatan mata dan telinga.

6. Saran

Untuk kegiatan serupa di masa mendatang, disarankan untuk menggunakan alat bantu yang lebih variatif, seperti video pembelajaran atau simulasi digital, agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

Tambun Selatan, 29 Agustus 2024
Guru IPA Kelas 5A

Baarakallahu Fiikum

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *