VISI

“Menjadi sekolah unggulan yang membentuk generasi berkarakter shalih, berilmu, dan beramal sesuai pemahaman Ahlu Sunnah Wal Jama’ah.”

Indikator Keberhasilan Visi:

  1. Peningkatan Prestasi Akademik: Persentase kenaikan nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran utama (Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Agama Islam) setiap semester.
  2. Penilaian Karakter Siswa: Jumlah siswa yang mendapatkan penilaian tinggi dalam rubrik karakter yang meliputi keshalihan, kejujuran, kedisiplinan, dan akhlak mulia.
  3. Keterlibatan dalam Kegiatan Keagamaan: Tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan rutin seperti shalat berjamaah, hafalan Al-Quran, dan kegiatan keagamaan lainnya di sekolah.
  4. Evaluasi Sikap dan Perilaku: Hasil survei tahunan yang menunjukkan peningkatan dalam sikap positif siswa terhadap pemahaman dan pengamalan Ahlu Sunnah Wal Jama’ah.
  5. Kepuasan Orang Tua: Persentase kepuasan orang tua terhadap pembentukan karakter Islami dan prestasi akademik anak-anak mereka melalui survei tahunan.

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Islam:
    • Jumlah pelajaran dan kegiatan yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam sesuai Ahlu Sunnah Wal Jama’ah.
    • Persentase guru yang melaksanakan pengajaran sesuai dengan prinsip Ahlu Sunnah Wal Jama’ah.
  2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kurikulum Terintegrasi:
    • Persentase guru yang telah dilatih dan menerapkan kurikulum terintegrasi antara ilmu agama dan ilmu umum.
    • Kinerja siswa dalam penilaian gabungan yang mencakup materi umum dan agama.
  3. Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif dan Islami:
    • Jumlah kegiatan yang mendukung atmosfer Islami di lingkungan sekolah (seperti majelis dzikir, kajian Islami untuk siswa dan guru).
    • Tingkat partisipasi siswa dalam menjaga kebersihan, ketertiban, dan nilai-nilai Islam di lingkungan sekolah.
  4. Mengembangkan Program Pembinaan Karakter dan Akhlak:
    • Frekuensi pelaksanaan kegiatan pembinaan karakter, seperti program mentoring Islami, outbond Islami, dan kegiatan keagamaan mingguan.
    • Penilaian karakter siswa melalui observasi dan laporan guru terhadap perkembangan akhlak siswa.
  5. Mendorong Pengembangan Potensi Siswa dalam Bidang Akademik dan Non-Akademik:
    • Jumlah siswa yang mengikuti kompetisi akademik dan non-akademik (misalnya olimpiade sains, lomba hafalan Quran).
    • Persentase siswa yang meraih prestasi di tingkat lokal, regional, atau nasional.
  6. Membina Hubungan Kerjasama dengan Orang Tua dan Masyarakat:
    • Frekuensi kegiatan bersama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat (misalnya seminar parenting, kegiatan sosial, bakti sosial).
    • Tingkat partisipasi orang tua dalam program pengembangan sekolah melalui survei.
  7. Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Secara Berkesinambungan:
    • Frekuensi evaluasi dan revisi terhadap kurikulum dan metode pembelajaran setiap tahun.
    • Hasil peningkatan kualitas dari evaluasi kinerja guru dan efektivitas metode pengajaran.

Misi-misi tersebut dirancang untuk mendukung tercapainya visi sekolah dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki karakter shalih dan mampu mengamalkan ilmu sesuai dengan pemahaman Ahlu Sunnah Wal Jama’ah.

Baarakallahu Fiikum