💡 APA ITU TAKSONOMI RANAH KOGNITIF?

💡 APA ITU TAKSONOMI RANAH KOGNITIF?

Taksonomi kognitif adalah pengelompokan kemampuan berpikir manusia. Konsep ini diperkenalkan oleh Benjamin Bloom dan diperbarui oleh Anderson & Krathwohl. Tujuannya adalah membantu guru menyusun tujuan pembelajaran dan soal berdasarkan jenjang berpikir siswa.

🎓 TINGKATAN TAKSONOMI BLOOM

Disusun dari tingkatan berpikir rendah (LOTS) ke tingkatan berpikir tinggi (HOTS):

🟡 1. Mengingat (Remembering)

Apa itu?
Kemampuan mengingat atau mengenali informasi yang sudah dipelajari.

Contoh di kelas:
Siswa bisa menyebutkan 5 rukun Islam.

Kata kerja operasional:
menyebutkan, menghafal, mencocokkan, mengulang, menuliskan

Contoh soal:
“Sebutkan nama-nama Nabi Ulul Azmi!”

🔵 2. Memahami (Understanding)

Apa itu?
Kemampuan menjelaskan makna dari suatu informasi.

Contoh di kelas:
Siswa dapat menjelaskan maksud dari makna surah Al-Fil.

Kata kerja operasional:
menjelaskan, menyimpulkan, mengklasifikasikan, menerjemahkan, menafsirkan

Contoh soal:
“Jelaskan mengapa kita harus berbuat baik kepada orang tua menurut QS. Luqman:14?”

🟢 3. Menerapkan (Applying)

Apa itu?
Kemampuan menggunakan informasi dalam situasi nyata.

Contoh di kelas:
Siswa menggunakan rumus luas persegi dalam soal cerita.

Kata kerja operasional:
menggunakan, menerapkan, mengerjakan, menunjukkan, menjalankan

Contoh soal:
“Gambarlah sebuah bangun datar berbentuk persegi, lalu hitung luasnya!”

🔶 4. Menganalisis (Analyzing)

Apa itu?
Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian dan memahami hubungannya.

Contoh di kelas:
Siswa bisa membedakan fakta dan opini dalam sebuah teks bacaan.

Kata kerja operasional:
mengelompokkan, membandingkan, mengorganisasi, memisahkan, menemukan

Contoh soal:
“Bandingkan perbedaan antara shalat fardhu dan shalat sunnah!”

🔷 5. Mengevaluasi (Evaluating)

Apa itu?
Kemampuan memberi penilaian berdasarkan kriteria atau pendapat logis.

Contoh di kelas:
Siswa bisa menilai dampak positif dan negatif penggunaan gadget.

Kata kerja operasional:
menilai, mengkritisi, memutuskan, mempertimbangkan, memilih

Contoh soal:
“Apakah kamu setuju bahwa jam belajar di rumah sebaiknya dibatasi? Berikan alasanmu!”

🔺 6. Mencipta (Creating)

Apa itu?
Kemampuan menggabungkan ide atau konsep untuk membuat sesuatu yang baru.

Contoh di kelas:
Siswa merancang poster bertema ‘Hemat Energi’.

Kata kerja operasional:
mendesain, menyusun, merancang, membuat, membangun

Contoh soal:
“Buatlah cerita pendek bertema ‘Kejujuran adalah kunci keberkahan’!”

📘 PENERAPAN TAKSONOMI DALAM PEMBELAJARAN

Aspek Penerapan
Tujuan Pembelajaran Dirancang mulai dari “mengingat” ke “mencipta” agar bertahap.
Soal Ujian Jangan hanya soal hafalan. Sertakan juga soal yang menuntut analisis dan kreativitas.
Penilaian Proyek Gunakan tugas mencipta (misalnya, membuat video, poster, mini drama).
Diskusi Kelas Ajak siswa berpikir kritis dengan pertanyaan “mengapa”, “bagaimana”, dan “apa dampaknya”.

✅ CONTOH TUJUAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TAKSONOMI

Materi: Perkalian Bilangan

Level Tujuan Pembelajaran
Mengingat Siswa dapat menyebutkan hasil perkalian 5 × 6.
Memahami Siswa dapat menjelaskan makna dari 5 × 6 sebagai penjumlahan berulang.
Menerapkan Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang melibatkan perkalian.
Menganalisis Siswa dapat membandingkan hasil perkalian dalam dua soal berbeda.
Mengevaluasi Siswa dapat menilai strategi perkalian mana yang paling efisien.
Mencipta Siswa dapat membuat soal cerita perkalian sendiri dan menyelesaikannya.

🎯 PENUTUP

Taksonomi Bloom (revisi) membantu guru menyusun pembelajaran yang berjenjang dan bermakna, bukan hanya soal hafalan. Dengan panduan ini, guru bisa:

  • Meningkatkan kualitas pembelajaran.

  • Mengukur kemampuan siswa lebih adil dan komprehensif.

  • Membiasakan siswa berpikir kritis dan kreatif sesuai Kurikulum Merdeka.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *